Tuesday 26 May 2015

HUBUNGAN LETAK SUNGSANG DENGAN KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI (KPD)



ABSTRAK


Diperkirakan kejadian ketuban pecah dini di indonesia pada tahun 2006 mencapai 17,3% dan tahun 2007 mencapai 19,1% yang merupakan penyebab utama kematian perinatal. Survey awal peneliti terhadap 10 ibu bersalin yang menalami KPD di RSUD Dr M Yunus Bengkulu 3 ibu dengan bayi letak sungsang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan hubungan letak sungsang dengan  kejadian ketuban pecah dini di ruang CI Kebidanan RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu.
Metode penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bersalin di ruang CI Kebidanan RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu yang berjumlah 569 ibu dengan jumlah Sampel 71 responden, diambil dengan teknik random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dengan melihat status pasien ibu bersalin di ruang CI Kebidanan. Data diolah secara analisis univariat dan analisis Bivariat dengan uji chi square.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lebih dari sebagian(62%) responden tidak mengalami kejadian ketuban pecah dini, sebagian besar (74,6%) responden dengan  letak janin tidak sungsang. ada hubungan antara letak sungsang dengan  kejadian ketuban pecah dini (p=0,000)
Diharapkan kepada bidan di RSUD Dr. M. Yunus, dapat memberikan masukan atau informasi bagi rumah sakit untuk dapat meningkatkan pelayanan terhadap ibu khususnya dalam menangani kejadian letak sungsang seperti melakukan penyuluhan tentang perawatan kandungan semasa kehamilan, hal ini dilakukan untuk mengurangi kejadian KPD yang salah satu penyebabnya adalah letak sungsang.


Kata kunci : Letak Sungsang, Ketuban Pecah Dini

DONLOAD FILE LENGKAPNYA DISINI   http://adf.ly/10052769/rumi

No comments:

Post a Comment