Tuesday 26 May 2015

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN INFORMASI AUDIOVISUALDENGAN PRILAKU SEKSUAL REMAJA



ABSTRAK

             
Sebanyak 22,36% pernah melakukan hubungan seksual sejak usia 16 tahun untuk remaja perempuan dan 17 tahun untuk remaja laki–laki, hubungan seksual pranikah akan menyebabkan remaja mengalami gangguan kesehatan reproduksi dan infeksi penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan informasi media audio–visual dengan perilaku seksual remaja siswa SMA Pallawa Kota Bengkulu tahun 2012.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian secara deskritif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 responden diambil dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan dianalisis dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi scuare.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir sebagian (36,5%) mempunyai prilaku seksual kurang baik. Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan prilaku seksual pada remaja (p=0,029), ada hubungan yang bermakna antara paparan informasi audio-visual dengan prilaku seksual pada remaja (p=0,000).

Disarankan Kepada pihak institusi SMA Pallawa Kota Bengkulu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi dan tentang segala hal yang berhubungan dengan prilaku seksual pada remaja.

Kata Kunci :pengetahuan, informasi audiovisual, prilaku seksual.
FILE LENGKAPNYA DONLOAD DI SINI  http://j.gs/10052769/eva

No comments:

Post a Comment