Monday 15 June 2015

hubungan pengetahuan dan status ekonomi keluarga dengan kejadian demam typoid



ABSTRAK

       Demam Typoid adalah penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan kuman Salmonella Typhosa. survey awal menunjukkan dari 15 oarang yang dirawat inap 5 diantarannya menderita demam typoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan status ekonomi keluarga dengan kejadian demam typoid diruang rawat inap C2 (Melati) RSUD Dr M Yunus Bengkulu tahun 2010.
       Jenis dalam penelitian ini adalah Deskriktif Analitik dengan  menggunakan desain cross sectionalPopulasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang dirawat inap diruang C2 (Melati) RSUD Dr M Yunus Bengkulu pada tahun 2009 yang berjumlah 2874 orang. Dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan sampel berjumlah 75 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, dianalisa dengan univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji chi scuare.
       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar (90,7%) responden mempunyai pengetahuan kurang baik terhadap penyakit  demam typoid. Hampir dari separuh (38,7%) responden mempunyai tingkat sosial ekonomi rendah. hampir dari separuh responden (28,0%) pasien yang yang dirawat menagalami demam typoid, tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kejadian demam typoid, tidak ada hubungan yang bermakna antara social ekonomi keluarga dengan kejadian typoid.
       Kepada pihak RS diharapkan dapat memberikan penyuluhan yang lebih efektif, seperti menempel poster-poster yang menarik tentang penularan demam typoid, cara pencegahannya, dan cara perawatannya.



Kata kunci : Demam typoid, pengetahuan, sosial ekonomi

No comments:

Post a Comment